KICAUAN ILMUAN BIOLOGI SMAN 2 TANJUNG RAJA

Senin, 28 Oktober 2019

PERAN ALGA BAGI KEHIDUPAN

Posted by Taufik Ardiyanto On Oktober 28, 2019 4 comments

Protista mirip tumbuhan disebut juga alga. Alga mikroskopis memiliki ciri-ciri khusus, yaitu dapat berfotosintesis sama seperti tumbuhan, tersebar luas di alam, dan dijumpai hampir di segala macam lingkungan yang terkena sinar matahari. Alga renik yang terapung-apung di perairan ini merupakan bagian fitoplankton yang berguna sebagai sumber makanan penting bagi organisme-organisme lain.

Alga sangat berperan penting dalam rantai makanan.. Alga bertindak sebagai fitoplankton di dalam ekosistem. Alga menghasilkan oksigen yang penting dalam kehidupan makhluk hidup lain. Alga hijau merupakan sumber fitoplanton yang digunakan sebagai pakan ikan dan hewan air lainnya Misalnya adalah pada Euglena sp
Gambar 1. Euglena sp.

Alga dapat berperan sebagai stabilizer dan bahan pembentuk gel dalam makanan, seperti cokelat, campuran puding instan, susu, dan sup krim. Agar, berasal dari spesies alga merah juga, juga digunakan sebagai pembentuk gel dalam gelatin, keju olahan, puding, mayones dan jelly. Alga cokelat (Macrocrytis pyrifera) mengandung yodium yang mengandung Na, P, N, dan Ca yang dapat dimanfaatkan sebagai suplemen untuk hewan ternak. Selain itu, alga cokelat yang mengandung asam alginat dapat dimanfaatkan sebagai pengental produk makanan, industri, dan alat-alat kecantikan (Laminaria, Macrocystis, Ascophylum, dan Fucus).

Pigmen dari alga hijau mengandung beta-karoten, yang digunakan sebagai bentuk alami dari pewarna makanan. Alga merah dapat dimanfaatkan untuk makanan suplemen kesehatan (Porphyra), sumber makanan (Rhodymenia palmata), pembuatan agar (Gellidium), dan penghasil karagenan (pengental es krim).
Gambar 2. Petani alga.

Dinding sel diatom mengandung zat kersik sehingga alga keemasan sering disebut juga alga kersik. Zat kersik ini sangat berguna bagi industri, seperti bahan penggosok, penyaring, industri kaca, dan bahan isolasi.

Gambar 3. beberapa contoh produk dari pemanfaatan alga.

Selain bermanfaat bagi kehidupan jumlah alga di alam yang berlebihan juga berbahaya bagi keseimbangan ekosistem. Reproduksi yang cepat, dari alga dapat menghalangi sinar matahari yang dibutuhkan bagi tumbuhan air, akibatnya tumbuhan air tersebut mati.

Untuk melatih pemahamanmu tentang materi ini, kerjakan latihan berikut!

4 komentar:

Pak selain yang disebutkan dalam artikel, ada lagi gak peranan alga yang menguntungkan? Terimakasih

Ada banyak peran menguntungkan alga bagi kehidupan. Contoh lain yaitu adalah Scenedesmus yang dapat digunakan sebagai PST (protein sel tunggal)

Protein Sel Tunggal, makanan tambahan (suplemen)

Posting Komentar